berita.depok.go.id – Warga RW 13 Komplek Deppen RRI Kelurahan Cisalak, Kecamatan Sukmajaya membuat inovasi baru dalam pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) periode 2020-2023. Yaitu dengan menerapkan pemilihan secara online atau e-voting.

Ketua Panitia Pemilihan Pengurus (P3) RT, Edi Yanto mengatakan, pemilihan ketua RT dengan sistem online ini merupakan terobosan baru dari warga setempat di masa pandemi Covid-19. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerumunan.

“Aktivitas sosial terbatas saat Covid-19 sehingga kami memilih dengan sistem e-voting agar proses pemilihan lebih transparan, jujur, dan cepat karena hanya menggunakan smartphone,” katanya kepada  berita.depok.go.id, Selasa (04/08/20).

Dirinya menjelaskan, dengan sistem e-voting dapat memberikan hasil penghitungan perolehan suara secara terkini (realtime). Selain itu,  warga pun dapat melihat langsung progres suara yang masuk.

“Ada tiga RT di wilayah RW 13. Alhamdulillah. nama Ketua RT terpilih sudah keluar. Kami akan segera melaporkan hasilnya ke Pak Lurah untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK)-nya,” jelas Edi.

Menanggapi hal itu,  Lurah Cisalak, Wiyana menuturkan, dirinya mendukung langkah yang diambil warga RW 13 dalam pemilihan Ketua RT. Menurutnya, dengan sistem e-voting lebih efektif dan transparan dalam proses pemilihan.

“Dengan begini warga RW 13 juga telah menjalankan arahan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan dalam proses pemilihan Ketua RT. Semoga cara ini dapat diikuti oleh wilayah lainnya” pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?