Penerapan protokol kesehatan di Posyandu dengan pengecekan suhu tubuh. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menegaskan pemberian vitamin A di tengah pandemi Covid-19 harus mengutamakan protokol kesehatan (protkes). Para kader Posyandu diminta menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) level 2 dan pengunjung harus menggunakan masker.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti mengatakan, Posyandu harus tetap melaksanakan protkes saat memberi pelayanan ke masyarakat. Mulai dari pengecekan suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, serta tetap menggunakan masker.

“Beberapa pelayanan kesehatan di Posyandu sudah bisa berjalan. Namun kami terus ingatkan untuk tetap mengutamakan protkes sebagai upaya pencegahan Covid-19,” tuturnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (29/01/21).

May menjelaskan, pelayanan Posyandu yang berjalan juga harus memperhatikan lingkungan sekitar. Jika wilayah yang memiliki kasus konfirmasi aktif, maka kader Posyandu memberikan vitamin A dengan datang ke rumah warga (door to door). Tapi, sambung May, jika di wilayah tersebut tidak ada kasus konfirmasi, maka diperbolehkan mengadakan Posyandu.

Meski begitu, ucapnya, Posyandu yang berada di wilayah tanpa kasus konfirmasi tetap harus membatasi jumlah pengunjung. Pembatasan tersebut dimaksud untuk menghindari kerumunan, sehingga pemberian vitamin A dapat lebih maksimal.

“Posyandu yang tetap buka harus membatasi pengunjung dengan jadwal per jam sekitar 10-15 orang,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?