Ilustrasi pemberian vitamin A di salah satu Posyandu dengan menerapkan protokol kesehatan. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengingatkan kepada kader Posyandu untuk melaksanakan pemberian bulan vitamin A di bulan Agustus untuk menyesuaikan dengan zona wilayah. Pasalnya, pemberian vitamin A tersebut dilakukan masih dalam suasana pandemi Covid-19.

“Pemberian vitamin A di Kota Depok tetap dilakukan masing-masing Posyandu. Namun pelaksanaannya disesuaikan dengan kondisi wilayah,” tutur Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kota Depok, May Haryanti kepada berita.depok.go.id, Jumat (06/08/21).

Menurutnya, pemberian vitamin A dapat dilakukan dengan beberapa cara. Tentu harus sesuai dengan petunjuk teknis (juknis) yang sudah ditentukan oleh Dinkes Depok agar memperhatikan protokol kesehatan (protkes).

Adapun pemberian vitamin A dapat dilakukan melalui pelaksanaan Posyandu bagi wilayah dengan nol kasus. Kemudian, untuk wilayah dengan kasus terkonfirmasi dapat dilakukan dengan Posyandu keliling.

“Kader Posyandu dapat mendatangi langsung ke setiap rumah warga yang memiliki balita dan menyerahkan atau memberikan langsung vitamin A,” terangnya.

Untuk itu, sambung May, kader Posyandu harus terus menerapkan protkes saat pemberian vitamin A, baik saat pelaksanaan Posyandu maupun door to door. Tentunya dengan menggunakan masker dan menjaga jarak.

“Gunakan alat pelindung diri (APD) saat pemberian vitamin A di Posyandu. Serta tetap terapkan protkes ketat,” tandasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?