Proses pembangunan ulang jembatan yang ambles di area GDC, Kalimulya. (Foto: istimewa)

berita.depok.go.id- Pembangunan jembatan di area Grand Depok City (GDC), Kelurahan Kalimulya, Kecamatan Cilodong saat ini memasuki tahapan pengerjaan pondasi jembatan atau abutmen sisi selatan. Sebelumnya telah dilakukan pengerjaan pile cap atau pelat penutup tiang.

“Untuk pengerjaan pile cap di sisi pemancang telah selesai. Saat ini, sedang ada pengerjaan abutmen. Untuk voided slab juga sudah proses pembuatan di tempat  pencetakannya atau precast,” ujar Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok Citra Indah Yulianty, Rabu (27/10/21).

Dikatakannya, pengerjaan abutmen dan pabrikasi voided slab mulai dilaksanakan dalam minggu ini. Dengan waktu penyelesaian selama dua hingga tiga pekan.

"Sementara untuk pembangunan seluruhnya ditargetkan selesai pada 24 Desember 2021," ucapnya.

Citra menjelaskan, abutmen adalah substruktur yang berada di ujung bentang jembatan untuk menopang superstrukturnya. Sedangkan voided slab, lanjutnya, adalah girder atau gelagar jembatan yang berbentuk persegi panjang dengan rongga di dalamnya.

“Mudah-mudahan pekerjaan abutmen ini bisa selesai tepat waktu, agar bisa dilakukan pekerjaan selanjutnya,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?