Menteri Komonikasi dan Informatika Republik Indonesia (Mekominfo RI), Jhonny Gerard Plate memberikan sambutan pada pembangunan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kominfo di Kecamatan Tapos, Rabu (16/03/22). (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id - Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Mekominfo RI), Jhonny Gerard Plate menegaskan, pembangunan Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Kecamatan Tapos harus mampu memberikan multiplier effect atau efek berganda bagi peningkatan ekonomi di Kota Depok. Baik saat proses pembangunan hingga saat operasionalnya.

Jhonny mengatakan, belanja atau proyek yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN) harus mengutamakan produk dan hasil karya domestik. Oleh karenanya, maksimalkan pemanfaatan jaringan lokal, produk lokal dan tenaga keahlian lokal. 

"Berikanlah multiplier effect kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM), khususnya di sekitar lingkungan proyek ini berada yaitu Kota Depok, baik di masa konstruksi maupun nanti ketika sudah beroperasi dalam membangun ekonomi lingkungan," tuturnya kepada berita.depok.go.id, usai kegiatan, Rabu (16/03/22).

Dikatakannya, bukan berarti pihaknya menutup diri dari interaksi dan perdagangan global. Namun, hanya membatasi dari depedensi atau ketergantungan yang terlalu besar terhadap perdagangan internasional.

"Ini harus kita jaga bersama-sama. Sekali lagi saya ingatkan agar pembangunan ini memanfaatkan produk-produk dalam negeri, khususnya UMKM di Kota Depok," tutupnya. (JD09/ED02)

YOUR REACTION?