Bunda Forum Anak Kota Depok, Elly Farida bermain permainan tradisional bersama seorang anak di Pendopo Alun-alun Kota Depok, Rabu (27/04/22). (Foto: JD 04/Diskominfo).

berita.depok.go.id – Pelayanan konseling psikologis dan Sistem Edukasi Mobil Ramah Anak (Simora) yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok di alun-alun disambut antusias warga. Kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-23 Kota Depok.

"Saya baru tahu bahwa di Kota Depok ada layanan konseling gratis dan komunitas yang menaungi anak-anak dan remaja. Ini merupakan ciri khas Kota Depok yang perlu sekali diketahui oleh masyarakat," kata Saripudin warga RT 07 RW 03 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas saat ditemui di Alun-alun Kota Depok, Rabu (27/04/22).

Manfaat serupa juga dirasakan Suharti, warga RT 04/RW 10, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji. Dirinya bersama sang anak sengaja mendatangi Pendopo Alun-alun Kota Depok untuk melihat berbagai kegiatan yang dilaksanakan DP3AP2KB berkolaborasi dengan Forum Anak, Puspaga Harmoni, dan Forum GenRe.

Menurutnya, kehadiran pelayanan Sistem Edukasi Mobil Ramah Anak (Simora) hari ini sangat bermanfaat untuk membantu tumbuh kembang anak, khususnya melatih konsentrasi mereka agar menjauhkan diri dari gawai. Sebab, di dalam Simora ini terdapat permainan tradisional dan buku-buku menarik yang dapat dibaca bebas oleh anak-anak.

"Saya berharap mobil Simora dapat hadir ke wilayah agar anak-anak kita semakin aktif membaca, berkomunikasi tidak hanya selalu di gawai. Saya juga berharap di HUT ke-23 Kota Depok semakin aman dan nyaman terwujud kota yang ramah anak," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari menjelaskan, pihaknya membuka pelayanan konseling psikologis gratis, bermain bersama Forum Anak dan Forum GenRe dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-23 Kota Depok. Dikatakannya, antusias masyarakat cukup tinggi, terlihat dari jumlah pengunjung yang berkonsultasi sebanyak 11 orang melebihi kuota yang disediakan.

"Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, masyarakat lebih mengenal lagi Puspaga Harmoni, Forum Anak dan Forum GenRe dan merasakan kehadiran Puspaga Harmoni sebagai lembaga pelayanan konseling gratis yang dibiayai Pemkot Depok. Ini upaya menuju Depok berketahanan keluarga dan dalam rangka pemenuhan hak anak," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?