Lurah Mampang, Darmawansyah saat menunjukkanTanaman Obat Keluarga (Toga) yang ditanam  di area Kantor Kelurahan Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Jumat (24/06/22). (Foto: istimewa).

berita.depok.go.id – Lurah Mampang, Darmawansyah menyulap pekarangan Kantor Kelurahan Mampang seluas 20 meter persegi menjadi kebun tanaman herbal. Area tersebut dinamakan Germas Butoga.

"Germas Butoga adalah gerakan masyarakat tanam obat untuk keluarga, kami sediakan lahan yang tidak begitu luas untuk warga Mampang menanam Toga di sini," kata Darmawansyah kepada berita.depok.go.id, Jumat (24/06/22).

Darmawansyah merinci, ada 12 jenis tanaman obat yang ditanam yaitu jahe, kunyit, temulawak, kencur, daun sirih, daun kemangi. Lalu sambiloto, daun binahong, temu ireng, lidah buaya, daun beluntas, dan kumis kucing.

Keberadaan Germas Butoga ini, lanjutnya, merupakan wujud ajakan untuk masyarakat agar membudidayakan tanaman obat. Sebagaimana diketahui tanaman obat memiliki khasiat yang besar untuk kesehatan, toga juga sudah digunakan sebagai penawar sakit sejak dulu.

"Bahkan pemanfataanya juga dapat menjadi usaha kecil dalam bidang pengobatan herbal. Masyarakat juga dapat memanfaatkan hasil Germas Butoga ini," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?