Pendiri Dapur Umum, Hari Sempulur bersama istrinya menyerahkan makanan kepada pengurus lingkungan, untuk dibagikan ke warga yang menjalani isolasi mandiri di RT 02 RW 09 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Jumat (06/08/21). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Berbagai cara dilakukan warga untuk membantu sesama di tengah pandemi Covid-19. Bahkan, satu keluarga di RT 02 RW 09, Kelurahan Depok mendirikan dapur umum guna memenuhi kebutuhan konsumsi warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman). 

Pendiri Dapur Umum, Hari Sempulur menjelaskan, latar belakang berdirinya dapur umum ini karena kepeduliannya terhadap masyarakat yang sedang menjalani isoman. Mereka tidak dapat keluar rumah, namun membutuhkan suplai konsumsi.

"Awalnya kami sekeluarga isoman dan dikucilkan oleh warga tidak boleh keluar. Berangkat dari sini, kami tekadkan untuk bantu memenuhi kebutuhkan makan mereka," jelasnya kepada berita.depok.go.id saat melihat aktivitas di dapur umum, Jumat (06/08/21).

Hari mengungkapkan, dapur umum telah beroperasi selama 19 hari. Setiap harinya mampu membuat 300 porsi makanan bergizi untuk pasien isoman di Kelurahan Depok.

Dia menambahkan, aktivitas di dapur umum ini sudah berjalan sejak pukul 01.00 WIB dini hari, mulai dari berbelanja ke pasar dan masak bahan makanan. Sekitar pukul 10.00 WIB, lanjut Hari, Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 di tingkat RW mendatangi dapur untuk mengambil makanan.

"Tidak hanya yang isoman, saat ini kami juga menyuplai makanan untuk warga terdampak kebakaran di Kelurahan Depok. Kami bekerja sama dengan Kamu Hebat Foundation," ujarnya.

Menanggapi hal ini, Lurah Depok, Audi Wira Saputra mengatakan, pihaknya sangat terbantu dengan hadirnya dapur umum tersebut. Hal ini membuktikan adanya semangat gotong royong antar warga untuk membantu di masa pandemi Covid-19.

"Mudah-mudahan warga lain dapat mengikuti gerakan ini, karena penanggulangan pandemi dibutuhkan kerja sama semua unsur, termasuk masyarakat peduli kepada sesama," ucapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?