Lokasi Kegiatan belajar mengajar siswa SD di RT 05 RW 07, Kelurahan Ratujaya Kecamatan Cipayung, belum lama ini. (Foto Dok RW 07)

berita.depok.go.id-Upaya membantu siswa dalam mengerjakan tugas secara dalam jaringan (daring), warga Kampung Tertata Bersih dan Nyaman (Setaman), RT 05, RW 07, Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung menyediakan internet gratis. Namun demikian, untuk sementara fasilitas ini dikhususkan bagi siswa Sekolah Dasar (SD) di wilayah tersebut.

“Baru-baru ini kami menyediakan internet gratis bagi siswa-siswi SD di lingkungan Kampung Setaman, tepatnya di warung sembako sampah Bang Yudi. Bantuan ini diberikan secara cuma-cuma atas dasar keprihatinan relawan terhadap dampak Covid-19, yang juga dirasakan siswa,” ujar Ketua RW 07 Kelurahan Ratujaya, Sanusi, Senin (10/08/20).

Dikatakannya, tidak semua siswa mampu membeli kuota untuk kebutuhan belajar virtual. Oleh karena itu, pihaknya berinisiatif menyediakan fasilitas ini meski jumlahnya terbatas.

“Agar tidak membuat kerumunan dan karena keterbatasan ruang, kami hanya sediakan untuk siswa SD. Biasanya yang datang bisa 15 anak atau lebih. Jika memungkinkan, ke depan kami upayakan juga untuk siswa SMP,” terangnya.

Adapun, lanjutnya, syarat bagi siswa yang akan menggunakan internet adalah warga RT 05 RW 07. Selain itu, penggunaan internet hanya diperuntukan sebatas kegiatan belajar. Dengan jadwal dari hari Senin sampai Sabtu, mulai pukul 08.00-15.00 WIB.

“Kami juga memberi edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta cara memilah sampah dan mengedukasi manfaat dari sampah, baik plastik maupun sisa makanan (organik). Mudah-mudahan fasilitas ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin,” tutupnya (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?