Dishub Depok bersama Terminal tipe A Jatijajar melakukan pengecekan kesiapan  armada bus  mengangkut penumpang saat lebaran. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Depok bersama terminal tipe A Jatijajar belum lama ini memonitoring kesiapan angkutan lebaran di Terminal Jatijajar. Langkah tersebut sebagai bentuk pengawasan untuk meningkatkan keselamatan proses perjalanan angkutan lebaran mendekati hari raya Idulfitri tahun 2022. 

Menurut Kepala Dishub Kota Depok, Eko Herwiyanto, mulai terlihat peningkatan penumpang pada pertengahan bulan Ramadan  di Terminal Jatijajar. Untuk terminal tersebut meski berada di Kota Depok, namun pengelolaan berada di Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ).

"Kamis (14/04) telah selesai kami lakukan kegiatan inspeksi keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan (ramp check). Upaya ini dilakukan terhadap AKAP dan AKDP di Terminal Penumpang Tipe A Jatijajar,” katanya kepada berita.depok.go.id Rabu (20/04/22).

Dikatakannya, pada pemeriksaan saat itu, pihaknya masih menemukan beberapa bus yang belum memenuhi standar, dari 180 bus yang diperiksa Dishub masih menemukan sejumlah bus yang belum memenuhi kriteria.  Oleh karenanya, harus segera dibenahi agar armada layak untuk melakukan perjalanan mudik lebaran. 

“Temuan yang kami dapatkan itu seperti kaca spion yang pecah, lampu kurang memadai dan beberapa kekurangan lainnya," jelasnya.

"Kami sudah sampaikan kepada Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ). Dalam hal ini terminal tipe A Jatijajar agar mendorong armada bus untuk melengkapi hal-hal yang masih belum sesuai dengan standarnya. Dan segara melakukan pengecekan kembali di kemudian hari,” ungkapnya. 

 Eko memperkirakan, tahun ini masyarakat yang mudik cukup siginifkan untuk tujuan Jawa dan Sumatera. Maka dari itu, pihaknya akan memastikan pada H-7 lebaran seluruh armada yang ada di Terminal Jatijajar harus sesuai dengan standar. 

“Kami akan koordinasi dengan pihak terminal, untuk melakukan pengawasan kelayakan bus sesuai arahan yang diberikan. Demi keamanan dan kenyamanan masyarakat Kota Depok yang akan mudik,”tambahnya.

Terakhir, dirinya mengingatkan kepada masyarakat Depok agar melakukan persiapan dan memenuhi persyaratan mudik yang telah ditetapkan pemerintah. 

“Warga Depok harus menjaga kesehatan. Yang terpenting keselamatan dengan mematuhi peraturan berlalu lintas,” tutupnya. (JD03/ED02)

YOUR REACTION?