Tim Relawan Pemulasaraan Jenazah Kecamatan Pancoran Mas saat memakamkan salah satu warga yang meninggal terindikasi Covid-19. Foto: istimewa

berita.depok.go.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok telah membentuk Tim Pemulasaraan Jenazah pasien positif virus Corona atau Covid-19 yang tersebar di 11 Kecamatan. Termasuk Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) yang memiliki empat relawan pemulasaraan jenazah.

Koordinator Tim Pemulasaraan Jenazah Kecamatan Pancoran Mas, Saiful Hidayat mengatakan, di wilayahnya memiliki tim relawan dan pengawas yang bersedia untuk melakukan pemulasaran jenazah yang terindikasi Covid-19. Mereka bersiaga setiap hari selama 24 jam.

“Alhamdulillah, Kecamatan Pancoran Mas memiliki empat relawan dan satu pengawas dari Puskesmas untuk melakukan pemulasaraan jenazah,” katanya kepada berita.depok.go.id, Sabtu (23/05/20).

Dirinya menjelaskan, para relawan merupakan orang yang memiliki kompetensi di bidang pemulasaraan. Pasalnya, mereka telah melalui pelatihan terkait pemulasaraan jenazah sesuai protokol dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok.

“Apabila ada warga Panmas yang meninggal karena terindikasi Covid-19, kami tim relawan siap membantu untuk memulasarkan jenazahnya. Tidak dipungut biaya,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kecamatan Pancoran Mas ini menyebut, aksi pertama dari tim relawannya yakni pada 15 Mei lalu, saat melakukan pemulasaraan jenazah salah satu warga Kelurahan Depok yang meninggal dunia. Prosesnya pun dilakukan sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. 

“Pemulasaraan jenazah kami lakukan sesuai protokol tidak lebih dari empat jam. Selain relawan, kami juga menyediakan peti dan kantong jenazah lengkap dengan Alat Pelindung Diri (APD) untuk relawannya,” pungkas Saiful. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?