Pemberian Vitamin A oleh UPTD Puskesmas Cinere di Posyandu Mawar RW 05 Kelurahan Gandul.

berita.depok.go.id-Unit Pelaksana Tugas Dinas (UPTD) Puskesmas Cinere turut menyukseskan Bulan Vitamin A setiap Februari dan Agustus. Pada bulan ini, sebanyak 6.443 balita di Cinere menjadi sasaran pemberian vitamin A.

Kepala UPTD Puskesmas Cinere, Siti Muhimatul mengatakan, ribuan balita tersebut berusia 6-59 bulan. Rinciannya  1.158 balita usia 6-11 bulan dan 5.285 balita usia 12- 59 bulan.

"Total keseluruhannya mencapai 6.443 balita di Cinere," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (15/02/21).

Lanjut dia, berdasarkan pertemuan dengan kader posyandu se-Kecamatan Cinere untuk teknis pelaksanakan pemberian vitamin A dan Bulan Penimbangan Balita  (BPB) digelar dengan dua cara. Yaitu pemberian langsung di posyandu dan door to door atau sweeping .

"Untuk zona hijau Covid-19 dilaksanakan di posyandu. Sedangkan, zona kuning dan zona oranye pelaksanaanya dengan cara door to door atau membentuk kelompok penimbangan (Pokbang) di wilayah posyandu masing-masing," jelasnya.

Dikatakannya, sweeping juga dilakukan kelompok penimbangan di masing-masing RT. Dengan harapan dapat menjangkau seluruh balita yang ada di wilayah Kecamatan Cinere.

"Jumlah total yang sudah diberikan kami belum mendapat informasi dikarenakan pelaporannya baru akan dikumpulkan setelah kegiatan selesai yaitu di awal bulan September," tuturnya.

Hal tersebut, sambungnya, karena selain memberikan vitamin A para kader Posyandu juga melakukan kegiatan BPB. Yaitu mengukur Tinggi Badan (TB) dan Berat Badan (BB) balita untuk mendapatkan status gizi.

"Semoga ke depan anak-anak yang diberikan vitamin A kesehatan dan kekebalan tubuhnya meningkat," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?