Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik DinasKomunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Nasrudin menjadi pembicara dalam kegiatan Workshop Pembekalan Pengelolaan Media Informasi Kesehatan, di ruang rapat DinasKesehatan Kota Depok, Rabu (12/02/2020.

berita.depok.go.id – Sebanyak 30 operator  Puskesmas se-Kota Depok mengikuti pembekalan terkait Pengelolaan Media Informasi Kesehatan dari Dinas komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih mereka tentang cara  mengelola sebuah website yang baik dan benar.

Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Nasrudin mengatakan, keberadaan website di Puskesmas sanga penting untuk sarana informasi ke masyarakat. Untuk mengendalikan website tersebut, diperlukan operator yang kompeten dan profesional.

“Sesuai amanat Undang-undang Nomor 14 tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik, setiap institusi pemerintah wajib menginformasikan apapun. Salah satunya melalui website. Puskesmas juga harus memiliki website untuk memberikan informasi kepada masyarakat,” kata Nasrudin kepada berita.depok.go.id, usai memberikan materi pada kegiatan tersebut di ruang rapat Dinkes Kota Depok, Rabu (13/02/20).

Nasrudin menambahkan, pihaknya bersedia membantu operator Puskesmas dalam mengisi konten di website. Menurutnya, informasi yang perlu ada dalam website Puskesmas yaitu mengenai profil kesehatan yang meliputi struktur organisasi, alamat, tugas fungsi, dan nomor telepon.

Kemudian lanjutnya, profil pimpinan, informasi mengenai program kesehatan yang sedang berjalan, serta informasi tentang kinerja satuan kerja di Puskesmas. Selain website, media sosial juga bisa dijadikan alternatif dalam menyampaikan informasi ke masyarakat.

“Melalui media sosial dan website diharapkan masyarakat dapat menikmati layanan Puskesmas,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Diseminasi Informasi Pusat Data Dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, Winne Widiantini menuturkan, Diskominfo Kota Depok harus mendukung seluruh Puskesmas di Kota Depok terkait fasilitasi pembuatan website. Hal tersebut merupakan wujud dari Program Smart Healthy City.

“Jadi, petugas Puskesmas tidak hanya bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya saja, tapi juga menyampaikan progress kerja ke masyarakat melalui website,” terang Winne. (JD 05/ED 01)

YOUR REACTION?