Kepala Bidang Program Pembangunan Bappeda Kota Depok, Jumali (kiri) saat memaparkan materi tentang SIPD kepada para peserta pelatihan, Jumat (08/01/21). (Diskominfo)

berita.depok.go.id - Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappeda) Kota Depok hari ini menggelar pelatihan tentang pengoperasian Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Pelatihan ini diikuti sebanyak 74 peserta yang terdiri dari operator pengelola perencanaan tingkat kecamatan dan kelurahan.

Kepala Bidang Program Pembangunan Bappeda Kota Depok, Jumali mengatakan, SIPD merupakan sistem terintegrasi yang berisi data informasi setiap Perangkat Daerah (PD). Mulai dari perencanaan pembangunan daerah, keuangan, sampai pertangggung jawaban dari seluruh kegiatan.

"Sistem ini dikembangkan oleh Kementerian Dalam Negeri RI, Pemkot Depok menggunakannya untuk menyusun perencanaan pembangunan tahun 2022," katanya kepada berita.depok.go.id, saat ditemui di Hotel Bumi Wiyata, Jumat (08/01/21).

Dijelaskannya, sebelumnya hasil Rencana Kerja (Renja) dari setiap PD diinput melalui Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) online. Namun, kini dilakukan melalui SIPD.

"Tahun lalu sudah digunakan untuk input perencanaannya tapi baru di level PD atau dinas, sekarang sudah bisa diinput dari level kelurahan," jelasnya.

Dia menambahkan, guna meminimalisir kerumunan, pelatihan dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama untuk lima kecamatan dan sesi kedua enam kecamatan.

"Kami berharap para peserta memahami dan menerapkan sistem baru ini di Musrenbang 2022," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?