DPUPR Kota Depok menurunkan alat berat berupa Amphibi untuk melakukan pengangkatan sampah yang memenuhi Kali Pesanggrahan, Kamis (13/01/22). (Foto: istimewa)

 

berita.depok.go.id- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok telah menindaklanjuti laporan warga terkait tumpukan sampah di sepanjang Kali Pesanggrahan, Kelurahan Pasir Putih, Kecamatan Sawangan. Pihaknya langsung merespons dengan mengerahkan alat berat berupa Amphibi guna melakukan penanganan.

"Tumpukan sampah ini selalu terjadi, meskipun DPUPR telah melakukan pengangkatan sampah. Untuk memaksimalkan pembersihan, kami turunkan alat berat berupa Amphibi,” ujar Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty, Kamis (13/01/22).

Dikatakannya,  Kali Pesanggrahan mengalami pendangkalan karena wilayah tersebut berada di cekungan yang paling rendah. Selain itu, kali ini bersebelahan dengan Tempat pembuangan Akhir (TPA) Cipayung yang kondisinya juga sudah melampaui kapasitas atau overload.

"Terkadang sampah yang jatuh ke kali ikut terbawa, sehingga memperparah sampah yang sudah terbawa dari hulu. Kami turunkan satu regu Satuan Tugas (Satgas) untuk melakukan pembersihan. Juga satu unit truk untuk membawa sampah tersebut,” ungkapnya.

Citra juga menyebut, sebelumnya Satgas telah melakukan pembersihan secara manual. Namun,  karena banyaknya sampah yang terus berdatangan, pihaknya tidak mampu membersihkan Kali Pesanggrahan secara menyeluruh.

“Sebelumnya dikerjakan secara manual karena terbatasnya alat berat. Kami imbau masyarakat untuk tidak membuang sampah ke kali atau sembarangan,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?