berita.depok.go.id - Salah satu Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang terindikasi virus Corona (Covid-19) asal Kota Depok hari ini  telah dipulangkan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Depok. Berdasarkan hasil uji swap yang dilakukan, ODP ini dinyatakan negatif terjangkit Covid-19.

“Alhamdulillah, hari ini salah satu ODP sudah diperbolehkan pulang setelah dua kali dilakukan uji swap. Kami serahkan beliau kepada ketua RT setempat,” kata Kepala Diskominfo Kota Depok, Sidik Mulyono kepada  berita.depok.go.id,Jumat (06/03/20).

Meski demikian, lanjut Sidik, ODP tersebut masih tetap dalam pengawasan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok melalui Puskesmas setempat. Kesehatannya akan diperiksa secara rutin selama masa inkubasi yaitu 14 hari.

“Masa inkubasi kemungkinan berakhir 11 Maret nanti. Mudah-mudahan hasilnya negatif,” jelas Sidik.

Sementara itu, Direktur RSUD Kota Depok, Devi Mayori menuturkan, ODP ini sudah dirawat di rumah sakit pemerintah tersebut sejak tanggal 3 Maret 2020  setelah dinyatakan negatif oleh Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso, Jakarta. 

“Hasil pertama negatif dan masih menunggu hasil pemeriksaan kedua. Kami sudah lakukan tindakan sesuai prosedur yaitu mengecek kesehatannya dan dipantau oleh dokter paru dua kali sehari. Alhamdulillah, tidak ada keluhan batuk pilek dan suhu tubuhnya baik,” terangnya.

Devi menyebut, selama masa inkubasi, ODP tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi rokok. Serta tetap menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), konsumsi makanan bergizi seimbang, dan istirahat yang teratur.

“ODP juga tidak diperbolehkan dulu untuk berinteraksi dengan warga sekitar,” pungkas Devi. (JD 05/ED 01)

YOUR REACTION?