Suasana pelaksanaan kegiatan Musrenbang 2023 di Aula Kelurahan Pancoran Mas, kemarin (13/01/22). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Seluruh elemen masyarakat di Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) sepakat mengikuti arahan Pemerintah Kota Depok untuk melaksanakan kegiatan dalam petunjuk teknis (juknis) Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2023. Rinciannya, 60 persen kegiatan dalam menu wajib dan 40 persen menu pilihan.

Lurah Pancoran Mas, Mohammad Soleh menjelaskan, pihaknya telah merencanakan 53 sub kegiatan dalam menu wajib yang menjadi prioritas pembangunan tahun depan. Mayoritas di antaranya adalah kegiatan yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat.

"Sesuai tema kami fokus pada peningkatan pelayanan infrastruktur dasar perkotaan dan pemulihan ekonomi daerah, kami maksimalkan kegiatan dalam menu wajib tentunya sisanya arahkan ke menu pilihan," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (14/01/22).

Kegiatan-kegiatan yang masuk dalam menu wajib, lanjut Soleh, di antaranya Kampung Cerdas Ramah Keluarga, pelaksanaan Kelurahan Layak Anak, penguatan kapasitas dan operasional kelembagaan PKK kelurahan. Pengelolaan kegiatan pelayanan kesehatan masyarakat penanggulangan TB dan HIV, serta penanganan stunting.

Lalu, penyelenggaran Kelurahan Sehat, pelacakan warga putus sekolah, pendidikan usia dini, pelatihan pemilahan sampah, pelatihan inovasi/teknologi tepat guna. Berikutnya, pelatihan manajemen kepemimpinan pelopor bagi organisasi kepemudaan, forum dan sosial kemasyarakatan tingkat kelurahan, pembinaan lembaga kemasyarakatan, septic tank individual, pembuatan sumur resapan, dan pemasangan penerangan jalan lingkungan.

"Kami juga ingin mengusulkan pembelian alat Fogging untuk masing-masing RW, namun tidak ada dalam nomenklaturnya. Jadi, mungkin kami ajukan melalui pokok pikiran DPRD," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?