Kelurahan Ratujaya menggelar kegiatan Musrenbang 2019 di Gor Mandiri, Kecamatan Cipayung, belum lama ini. (Foto : Diskominfo)

berita.depok.go.id- Untuk meningkatkan sarana dan prasarana, tidak hanya membutuhkan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) tetapi juga Fasilitas Umum (Fasum) juga harus jadi perhatian. Seperti yang dilakukan Kelurahan Ratujaya dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2020.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Ratujaya, Pandu Rista Pratama mengatakan, pembangunan infrastruktur menjadi prioritas dalam usulan Musrenbang tahun 2020 di wilayahnya. Yaitu berupa peningkatan jalan dan pembuatan turap.

“Berbeda dari dua tahun sebelumnya, untuk tahun ini wilayah Ratujaya sangat butuh pembangunan infrastruktur yang menunjang dan perbaikan Fasum yang sifatnya permanen. Seperti, peningkatan jalan maupun pembuatan turap,” ujarnya, usai menghadiri kegiatan Musrenbang tahun 2020 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung, baru-baru ini.

Dikatakannya, peningkatan infrastruktur dirasa perlu, mengingat banyaknya fasilitas yang rusak akibat bencana alam. Seperti turap ambrol, longsor, keretakan yang terjadi pada jalan lingkungan, drainase yang kurang berfungsi optimal sehingga menyebabkan banjir, dan lain sebagainya.

“Memang anggaran infrastruktur yang diberikan tidak sebesar anggaran untuk kegiatan sosial budaya. Maka dari itu, kami akan ajukan usulan ke anggota DPRD supaya mengakomodir kegiatan yang tidak tercover,” ucapnya.

Dirinya berharap, ke depan ada peningkatan anggaran untuk infrastruktur. Sehingga, jumlahnya bisa setara dengan anggraran sosial budaya.

“Semoga nanti, Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) dan Petunjuk Teknis (Juknis) untuk biaya infrastruktur bisa naik, agar usulan pembangunan fisik bisa terealisasi dalam jumlah yang lebih besar. Dengan begitu, masyarakat bisa menikmati bantuan APBD pemerintah berupa jalan dan drainase secara maksimal,” tutupnya. (JD 08/ED 01/EUD 02)

YOUR REACTION?