Lurah Cipas, Syahrudin. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Lurah Cisalak Pasar (Cipas), Syahrudin mengajak masyarakat untuk rutin melakukan kerja bakti, khususnya di lokasi rawan bencana. Ajakan tersebut sebagai bentuk antisipasi terjadinya bencana longsor dan banjir di musim penghujan.

"Kami terus ingatkan agar warga semakin peduli terhadap lingkungan. Salah satunya dengan mengadakan kerja bakti, membersihkan gorong-gorong, maupun drainase secara rutin," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (09/02/21).

Tidak lupa, ucapnya, dalam melakukan kerja bakti warga juga harus menerapkan protokol kesehatan (protkes). Yaitu 3M agar terhindar dari virus Corona atau Covid-19.

“Jangan lupa mencuci tangan, jaga jarak dan selalu gunakan masker saat di luar rumah,” ujarnya.

Selain itu, lanjut dia, para ketua RT-RW juga harus memonitoring wilayah rawan bencana. Mereka harus terus memantau lokasi rawan banjir dan longsor, terlebih saat musim penghujan seperti sekarang.

Ia merinci untuk wilayah rawan banjir di Cipas antara lain RW 05, RW 3, dan RW 08. Sedangkan untuk wilayah rawan longsor berada di RW 09 Permata Puri I.

“Untuk di wilayah rawan bencana ditekankan untuk menerapkan sistem kontrol jaga wilayah setiap jam,” tegasnya.

Terakhir, Syahrudin berpesan kepada masyarakat untuk lebih waspada selama musim hujan. Lingkungan harus terjaga bersih supaya terhindar dari bencana.

"Selain juga agar tidak menjadi sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue," tutupnya. (JD02/ED02/EUD02)

 

YOUR REACTION?