Saat lebaran online di Perumahan Paerl Garden.

berita.depok.go.id-Peringatan Idulfitri 1441 Hijriah (H) kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya di masa pandemi Coronavirus (Covid-19) banyak warga yang memilih untuk ibadah dan melakukan aktivitas di dalam rumah demi pencegah penularan virus ini.

Meski demikian, banyak warga yang kreatif melakukan berbagai inovasi agar momentum hari raya Idulfitri ini bisa saling bersilaturahmi. Seperti yang dilakukan oleh warga Perumahan Pearl Garden, Sukamaju Baru, Tapos.

"Agar bisa tetap bertatap muka dengan tetangga, kami melakukan silaturahmi virtual. Jadi kami bisa tetap saling bermaafan tanpa berpelukan atau berjabat tangan," jelas Ketua PKK RT 06/RW 06, Kelurahan Sukamaju Baru, Kecamatan Tapos, Fitri Ariyani kepada  berita.depok.go.id, Rabu (27/05/20).

Dirinya mengatakan, dalam pelaksanaannya, pengurus RT mengajak warga keluar rumah di jam yang sudah ditentukan. Kemudian, ucapnya, drone diterbangkan ke setiap rumah warga untuk merekam ucapan selamat lebaran dan permohohan maaf dari mereka.

Lebih lanjut, ujar Fitri, pihaknya juga melakukan berbagai inovasi kegiatan pada bulan Ramadan kemarin. Salah satunya, dengan kegiatan Buka Bersama Virtual melalui aplikasi Zoom.

"Menjelang berbuka kami adakan pengajian terlebih dahulu. Lalu dilanjut dengan tausiah online. Ketika sudah masuk waktu berbuka, kami semua saling mengucapkan selamat berbuka dari rumah masing-masing," tuturnya.

Di tempat berbeda, Lurah Sukamaju Baru, Pairin, mengapresiasi langkah yang dilakukan warga karena mendukung pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang tetapkan pemerintah. Dia mengimbau masyarakat untuk melakukan hal serupa, yaitu lebaran atau halal bi halal virtual.

"Dengan melakukan hal tersebut diharapkan Kelurahan Sukamaju Baru, semua masyarakatnya sehat semua," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?