Kepala Disnaker Kota Depok, Manto

berita.depok.go.id-Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Depok terus mendorong masyarakat untuk berwirausaha, terlebih di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini. Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk dengan pelatihan-pelatihan.

“Kami mendorong masyarakat di Kota Depok untuk berwirausaha. Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat terberdaya, sehingga bisa meningkatkan ekonomi keluarga,” ujar Kepala Disnaker Kota Depok, Manto, di ruang kerjanya, Selasa (20/10/20).

Dikatakannya, dengan berwirausaha, masyarakat secara tidak langsung akan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Dengan demikian, diharapkan angka pengangguran di Kota Depok bisa menurun.

“Pengentasan pengangguran menjadi tugas bersama, bukan hanya pemerintah. Dengan berwirausaha, masyarakat membuka peluang atau kesempatan bekerja bagi orang lain,” tegasnya.

Menurut data yang dihimpun, lanjutnya, saat ini terdapat 1,8 juta jiwa yang merupakan angkatan kerja. Sedangkan masyarakat yang bukan angkatan kerja sebanyak 650 ribu orang. Sebagian besar dari mereka adalah ibu rumah tangga, pelajar  ataupun wirausahawan yang tidak masuk data Disnaker.

“Memang sedikit sulit untuk mendata mereka yang telah berwirausaha, karena pada dasarnya mereka bukan pekerja formal. Mereka bekerja di rumah dan tidak ada jam kerja khusus. Kami berharap ke depan, semakin banyak masyarakat yang berwirausaha,” pungkasnya. (JD 08/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?