Tim DLHK saat melakukan verifikasi lapangan lomba 3 R kepada Bank Sampah Dahlia Pirus di Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Senin (05/04/21). (Istimewa).

berita.depok.go.id- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok melakukan verifikasi lapangan terhadap tiga Bank Sampah (BS) yang berhasil lolos pada seleksi tahap I dan II Lomba Reuse, Reduce, Recycle (3R). Penilaian tahap III ini untuk melihat kegiatan yang dilakukan oleh masing-masing BS.

“Dari 10 peserta di tahap II, kami seleksi kembali dan menghasilkan tiga BS terbaik yaitu BS Dahlia Pirus, BS Villa Tanah Baru dan BS Mekar Peduli. Ketiganya telah kami datangi untuk dilakukan verifikasi lapangan, kemarin,” ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, di ruang kerjanya, Selasa (06/04/21).

Ety menjelaskan, pada tahap ini, penilaian meliputi kondisi fisik dari tiga BS. Antara lain kreativitas presentasi, administrasi (pembukuan), kekompakan (solidaritas), Inovasi produk (kegunaan dan estetika) serta inovasi pengembangan program BS.

“Peserta memiliki program dan kegiatan yang mumpuni, serta mampu menjadi penggerak lingkungan. Mudah-mudahan mereka yang lolos ini menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat,” teangnya.

Dikatakannya, sementara pengumuman pemenang akan dilakukan saat Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Depok pada 27 April mendatang. Saat ini, tim DLHK sedang melakukan penilaian guna menentukan juara I, II dan III.

“Hadiahnya berupa piagam dan uang pembinaan. Pemenangnya diumumkan nanti saat HUT Kota Depok” jelasnya.

Untuk diketahui, DLHK Kota Depok melaksanakan lomba 3R secara virtual. Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun tersebut, bertujuan mendorong masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu, juga sebagai apresiasi kepada mereka yang memiliki konsistensi serta komitmen terhadap lingkungan. (JD 08/ED 01/EUD02) .

YOUR REACTION?