Peserta lomba 3 R memaparkan program unggulan secara virtual, Selasa (30/06/20).

berita.depok.go.id-Setelah melalui seleksi tahap I dan menyisakan 10 Kelompok Bank Sampah, hari ini para peserta lomba Reuse, Reduce, Recycle (3R)  memasuki penilaian tahap II. Masing-masing peserta memaparkan program unggulannya kepada tim juri yang ditunjuk Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, melalui virtual Zoom.

"Ada beberapa kriteria yang kami nilai di tahap II ini. Antara lain kreativitas presentasi, administrasi, kekompakan/ solidaritas, inovasi produk (kegunaan dan estetika) dan inovasi pengembangan bank sampah," ujar Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati, Selasa (30/06/20).

Ety menyebut, setiap peserta memiliki program dan kegiatan yang mumpuni, serta mampu menjadi penggerak lingkungan. Untuk itu, dirinya berpesan kepada peserta lomba yang lolos, agar menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

"Semua kader Bank Sampah harus jadi penggerak lingkungan, sehingga diharapkan sampah yang dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Cipayung, berkurang," ucapnnya.

Senada dengan itu, salah satu peserta Bank Sampah, Dahlia Pirus Cipayung, Fauzi Mufidah memaparkan seluruh kegiatan yang dilakukakan kelompoknya. Seperti, pemilahan sampah, penyuluhan dan edukasi sampai keikutsertaan dalam kegiatan pameran.

“Meskipun dilakukan secara swadaya, namun kami yakin bisa memberikan dampak positif bagi masyarakat lainnya serta bagi lingkungan. Mudah-mudahan kami bisa beri yang terbaik pada lomba ini," terangnya.

Untuk diketahui, DLHK Kota Depok kali ini melaksanakan lomba 3R secara virtual. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun tersebut bertujuan untuk mendorong masyarakat dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Selain itu, untuk memberikan apresiasi kepada masyarakat yang memiliki konsistensi serta komitmen terhadap lingkungan. (JD 08/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?