Lurah Kalibaru, Indra Cahyadi (kanan) bersama Camat Cilodong, Supomo saat menghadiri kegiatan Musrenbang Kelurahan Kalibaru tahun 2023, belum lama ini. (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Kelurahan Kalibaru akan fokus menangani masalah kesehatan di wilayahnya hingga 2023 mendatang. Salah satunya menuntaskan permasalahan buang air besar sembarangan atau Open Defecation Free (ODF).

Lurah Kalibaru, Indra Cahyadi mengatakan, saat ini masih ada 81 Kepala Keluarga (KK) yang belum memiliki septic tank. Oleh sebab itu, jumlah ini akan menjadi target untuk dituntaskan pihaknya pada tahun ini dan tahun depan.

"Kita masih punya pekerjaan rumah (PR) ODF untuk 81 KK, apalagi Kelurahan Kalibaru sudah dekalarasi ODF. Mudah-mudahan sampai tahun 2023 selesai,” ujarnya kepada berita.depok.go.id, Selasa (25/01/22).

Indra menuturkan, ODF menjadi fokus utama penanganan kesehatan di Kalibaru. Sebab, wilayahnya merupakan daerah perbatasan yang berdekatan langsung dengan Kabupaten Bogor.

“Sebagai wilayah pinggiran atau perbatasan, hal ini menjadi konsen kita dalam rangka mobilisasi penduduk, dan tentunya kita dukung infrastruktur jalan, maupun segala sesuatunya agar bisa lebih baik,” jelasnya.

Lanjut Indra, dia bersama jajarannya akan berupaya mewujudkan Kalibaru sebagai wilayah yang bersih, sehat, dan rapih. Sekaligus mendorong terwujudnya Kota Depok yang sehat, tertib, dan nyaman.

"Kami beri edukasi ke masyarakat pentingnya septic tank individual atau komunal sebagai wadah pengolahan limbah domestik rumah tangga. Alhamdulillah, beberapa rumah sudah ada yang buat septic tank secara mandiri," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?