Kepala DKUM Depok, Mohammad Fitriawan memberikan sambutan saat membuka Pelatihan WUB di Gedung Balatkop Sukmajaya, (04/08/20). (istimewa)

berita.depok.go.id-Meski di tengah pandemi Covid-19, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok tetap konsen dengan targetnya, yaitu meningkatkan kualitas dan kuantitas pelaku usaha mikro. Pada tanggal 4-5 Agustus lalu, pihaknya menyelenggarakan Pelatihan Wirausaha Baru (WUB) angkatan 11, dengan menaati protokol kesehatan.

Kepala DKUM Depok, Mohammad Fitriawan mengatakan, Pelatihan WUB tahun ini masih diikuti sebanyak 275 orang. Namun, agar tidak berkerumun, peserta dibagi ke dalam 11 kelompok atau angkatan.

"Masing-masing kelas sebanyak 25 orang. Sebetulnya Pelatihan WUB sudah berlangsung sejak Februari di Balatkop Sukmajaya, namun sempat terhenti karena pandemi Covid-19," katanya, kepada berita.depok.go.id, Jumat (14/08/20).

Dikatakannya, upaya penerapan protokol lainnya yaitu dengan menjaga jarak dan menyediakan sabun dan hand sanitizer. Peserta pelatihan juga diwajibkan memakai masker dan dilakukan pengukuran suhu tubuh sebelum mengikuti pelatihan.

Fitriawan menambahkan, di pelatihan WUB peserta mendapatkan materi terkait dasar-dasar berbisnis. Mereka juga dibekali mengenai customer dan produk, pemasaran serta penjualan, sampai langkah-langkah UMKM naik kelas.

"Hari terakhir, peserta melakukan kunjungan ke Shaza Produsen Cireng di Kecamatan Bojongsari," katanya. 

Lebih lanjut, tutur Fitriawan, agar kualitas pelaku usaha mikro semakin bagus, pihaknya memberikan pendampingan oleh tutor atau couch. Selama pembinaan tersebut, mereka akan diajarkan untuk merumuskan strategi bisnis yang lebih spesifik.

"Kita juga ada sesi diskusi (sharing) bisnis sesuai dengan bidang usaha tiap peserta. Mudah-mudahan, meski di tengah pandemi, geliat UMKM di Kota Depok terus maju," tutupnya. (JD 07/ED 01/EUD02) 

YOUR REACTION?