Lurah Sukatani, Cahyanto saat meninjau lokasi budidaya lele di RT 09 RW 20, Kelurahan Sukatani. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Warga RT 09, RW 20, Kelurahan Sukatani tengah membudidaya benih lele Sangkuriang di halaman rumahnya. Kolam ikan dibuat dengan menggunakan ember dan drum plastik.

Lurah Sukatani, Cahyanto mengatakan, warga RW 20, Kelurahan Sukatani melakukan budidaya lele guna mengisi waktu luang di sela Work From Home (WFH) atau bekerja di rumah saat pandemi Covid-19. Budidaya ini menggunakan teknik budidaya ikan dalam ember. 

"Terdapat empat ember dan 40 drum plastik sebagai sarana budidaya ikan lele," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (01/03/21).

Cahyanto mengatakan, untuk pakannya, warga menggunakan pakan yang berkualitas. Bukan pakan yang kotor atau tidak asal-asalan.

Lebih lanjut, ucapnya, budidaya ini sudah dimulai sejak bulan Agustus tahun 2020. Budidaya ini menjadi tambahan penghasilan bagi warga.

"Panen total bisa dilakukan diusia pemeliharaan tiga bulan dan untuk penjualan dikoordinir melalui ibu-ibu PKK. Masing-masing peternak tinggal menyediakan lele yang siap panen sesuai permintaan," terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pembudidaya Lele RW 02, Agus Dariadi menambahkan, lele Sangkuriang ini terkenal cukup kuat daya tahan hidupnya. Tingkat pertumbuhannya juga cepat, dan rasa daging yang lebih enak.

"Dalam proses pemeliharaan dilakukan penggantian air setiap empat hingga lima hari sekali dengan memperhatikan kualitas air. Serta ditambahkan probiotik untuk menambah nutrisi airnya," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

.

YOUR REACTION?