Lurah Sukatani, Cahyanto.

berita.depok.go.id-Lurah Sukatani, Cahyanto memuji upaya warga RW 06 di wilayahnya yang mengurangi dampak pencemaran lingkungan disebabkan oleh limbah rumah tangga. Salah satunya dengan mengumpulkan minyak jelantah atau minyak bekas pakai di Bank Jelantah yang terletak Kantor RW 06.

Menurut Cahyanto, pengumpulan minyak jelantah tersebut sangat positif. Selain itu, ucapnya, juga berdampak dalam mencegah pencemaran air dan tanah.

"Minyak jelantah jika dibuang ke saluran air dapat menyebabkan penurunan kualitas air dan kesuburan tanah. Tidak hanya itu, jika digunakan kembali juga tidak bagus untuk kesehatan," tuturnya.

Dirinya berharap, upaya yang dilakukan warga RW 06  tersebut dapat dicontoh oleh wilayah lainnya di Sukatani. Ke depan, pihaknya akan memfasilitasi jika ada RW yang ingin mengumpulkan minyak jelantah.

"Nantinya, saya berharap Kelurahan Sukatani bebas dari limbah minyak jelantah," ujarnya.

Di tempat berbeda, Ketua RW 06 Samsudin menjelaskan, program pengumpulan minyak jelantah sudah berjalan selama satu bulan dan berhasil mengumpulkan sebanyak 110 liter. Sambungnya, minyak yang terkumpul akan disalurkan ke perusahaan untuk diubah menjadi biodiesel.

"Bagi ibu-ibu yang ikut mengumpulkan minyak jelantah terdapat dua pola penukaran. Ada yang ditukar dengan minyak baru atau ditukar dengan uang," katanya.

Dirinya menambahkan, bagi warga yang ingin menukar dengan uang, maka minyak akan ditabung terlebih dahulu selama tiga bulan. Lalu, setelah tiga bulan baru dapat ditukar dengan uang.

"Respon dari ibu-ibu cukup baik. Karena, selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan juga dapat menambah penghasilan keluarga," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?