Foto: JD 05/Diskominfo

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijay (kanan) bersama Camat Sukmajaya dan Ketua TP-PKK Kecamatan Sukmajaya dalam peluncuran Gerakan Satu Rumah Satu Pintu, di Aula Kantor Kecamatan Sukmajaya, belum lama ini.

berita.depok.go.id - Lomba Mendongeng yang diselenggarakan oleh Kecamatan Sukmajaya dalam rangka peringatan Hari Dongeng Internasional mendapat apresiasi dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok. Lomba ini dinilai mampu meningkatkan minat baca pada anak-anak.

"Ini merupakan satu-satunya kecamatan yang menyelenggarakan kegiatan ini. Tentunya sangat membantu dalam gerakan mendorong minat baca anak-anak," ujar Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah kepada berita.depok.go.id, Senin (29/03/21).

Menurutnya, gemar dan minat baca pada anak-anak ditentukan oleh faktor lingkungan.  Dikatakannya, jika sudah ditumbuhkan sejak dini, diharapkan dapat terbentuk budaya membaca.

"Kami sangat berharap wilayah lain dapat melakukan hal yang sama agar anak-anak Kota Depok semakin tinggi pengetahuan literasinya," tuturnya.

Siti menjabarkan, berdasarkan survei yang dilakukan pihaknya, minat dan gemar membaca masyarakat di Kota Depok mengalami peningkatan setiap tahun. Untuk minat membaca pada  2018 sebesar 63,94 persen, 2019 64,88 persen, dan 2020 naik menjadi 66,37 persen.

Sedangkan survei tentang gemar membaca, lanjutnya, pada 2018 sebesar 55,04 persen, 2019 56,13 persen, dan 2020 57,23 persen.

"Alhamdulillah setiap tahunnya meningkat. Kondisi minat dan gemar baca di Kota Depok sudah baik," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?