Tim penilai lomba Inovasi Pasar Rakyat Kota Depok sedang melakukan verifikasi lapangan di Pasar Tugu, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kamis (19/05/22). (Foto: JD 05/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Depok menggelar Lomba Inovasi Pasar Rakyat tahun 2022. Ada tujuh pasar yang mengikuti lomba ini, mulai dari pasar milik pemerintah sampai swasta.

Kepala Bidang Sarana dan Pembinaan Pasar Rakyat Disperdagin Kota Depok, Diana Puspitasari menjelaskan, ketujuh pasar yang mengikuti lomba inovasi ini yaitu Pasar Cisalak, Sukatani, Tugu, Agung, Musi, Kemiri Muka, dan Depok Jaya. Sebagai tahapan awal, kini tengah dilakukan verifikasi lapangan oleh tim penilai.

"Lomba inovasi pasar rakyat kali ini lebih dititikberatkan pada penilaian Paguyuban Pedagangnya, bagaimana sinergi mereka dengan UPTD dan pedagang di pasar itu sendiri," jelasnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (20/05/22).

Diana mengatakan, peran Paguyuban Pedagang sangat penting dalam  memajukan sebuah pasar. Salah satunya membantu UPTD dalam mengakomodir para pedagang.

"Setiap pasar harus memiliki paguyuban, mereka harus kreatif dengan program-programnya. Misal dengan aktivitas olahraga atau memiliki inovasi berdagang digital," katanya.

Lebih jauh, lanjut Diana, lomba inovasi pasar rakyat ini merupakan rangkaian Hari Jadi ke-23 Kota Depok. Setelah verifikasi lapangan akan dilanjutkan dengan paparan presentasi tentang program kerja Paguyuban Pedagang di Kantor Disperdagin Kota Depok.

"Kami berharap dengan penilaian ini paguyuban dapat lebih menonjolkan kreatifitas dan inovasinya dalam membantu UPTD Pasar," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?