Camat Pancoran Mas, Syaiful Hidayat (tengah) bersama Kepala UPTD Puskesmas, Lurah, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas wilayah setempat berswafoto usai melakukan penandatanganan komitmen bersama dalam menjalankan Germas, Selasa (26/10/21). (Foto: JD 05/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas bersama lintas sektor di Kelurahan Pancoran Mas berkomitmen untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Hal ini dibuktikan melalui penandatanganan komitmen bersama.

Kepala UPTD Puskesmas Pancoran Mas, Sih Mahayanti menjelaskan, penandatanganan komitmen ini melibatkan berbagai pihak. Mulai dari Ketua RW, Ikatan Bidan Indonesia (IBI) ranting Pancoran Mas, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kader Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), dan Warga Peduli Aids (WPA).

"Kami inginkan sejumlah elemen ini jadi suritauladan untuk masyarakat. Dengan begitu, diharapkan program Germas dapat dilaksanakan di masyarakat," katanya kepada berita.depok.go.id, di Aula Kelurahan Pancoran Mas, Selasa (26/10/21).

Dalam melaksanakan Germas, lanjut Sih, masyarakat diajak menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Di antaranya, melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, cek kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, dan menggunakan septic tank.

Di tempat yang sama, Lurah Pancoran Mas, Mohammad Soleh mengakui, sebagian warga di wilayahnya memang belum menerapkan PHBS secara optimal. Pasalnya, masih adanya warga yang membuang limbah rumah tangga ke sungai atau kali.

"Setelah dilakukan kegiatan ini kami berharap adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang Germas. Khususnya tentang kebersihan diri, cuci tangan, nutrisi seimbang dan pentingnya pemeriksaan kesehatan secara rutin, serta yang utama dapat mengimplementasikan Germas dalam kehidupan sehari-hari," harapnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?