Lintas Sektor di Kelurahan Curug setelah melakukan penandatanganan komitmen. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id - Lintas Sektor di Kelurahan Curug, Kecamatan Cimanggis melakukan penggalangan komitmen bersama untuk menyelesaikan masalah kesehatan. Komitmen tersebut dilakukan untuk mewujudkan zero Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Balita (AKB), zero stunting, dan penanganan Covid-19 di wilayah Kelurahan Curug. 

“Kami ajak seluruh lintas sektor mulai dari camat, lurah, TP-PKK Kelurahan, LPM, Pokja Sehat, RW dan RT, serta karang taruna untuk bersama menyelesaikan masalah kesehatan yang ada,”  tutur Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusesmas Cimanggis, Lina Herliana kepada berita.depok.go.id, Selasa (30/03/22).

Menurut Lina, dalam mengatasi permasalahan stunting perlu peran dari kader PKK untuk pemantauan langsung. Kemudian, laporan dari RT-RW jug dibutuhkan agar selanjutnya mendapatkan penanganan khusus dan pendampingan dari tenaga kesehatan. 

“Sedangkan untuk mewujudkan zero AKI dan AKB juga perlu komitmen dari masyarakat, kader PKK, dan pemangku kepentingan di wilayah dalam pemantauan dan sosialisasi agar hal tersebut tidak terjadi,” tambahnya. 

Sementara itu, Lurah Curug Raden Herdandy S mengatakan, pihaknya akan terus mengingatkan kepada stakeholder di wilayahnya untuk turut andil dan peduli dengan permasalahan kesehatan. Selain itu juga mengajak masyarakat untuk mendukung program kesehatan yang berjalan. 

“Dalam menyelesaikan permasalahan kesehatan dibutuhkan sinergisitas dari seluruh lintas sektor agar hasilnya maksimal. Harapannya dapat mewujudkan wilayah Curug yang sehat,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?