Kegiatan sosialisasi pemberdayaan masyarakat kelurahan tangguh bencana di Kelurahan Mekarjaya, Jumat (03/12/21). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id- Sebagai langkah antisipasi dari berbagai macam bencana yang kerap terjadi, Kelurahan Mekarjaya menggelar sosialisasi pemberdayaan masyarakat kelurahan tangguh bencana. Lima RW yang dinilai rawan akan bencana banjir diberikan pengetahuan dan pelatihan dalam menghadapi bencana.

"Ada RW 02, RW 24, RW 25, RW 21 dan RW 22 yang ikut dalam pelatihan. Hal ini penting untuk kita semua sehingga bisa tau langkah-langkah apa yang harus  diperbuat ketika terjadi bencana, terutama RW yang rawan bencana. ," ujar Lurah Mekarjaya, Zainal Arifin, kepada berita.depok.go.id, Jumat (03/11/21).

Dirinya mengatakan, dengan adanya sosialisasi tanggap bencana diharapkan masyarakat maupun pengurus RT/RW tidak panik dalam menghadapi suatu musibah. Serta memiliki pengetahuan terkait mitigasi bencana.

"Semoga kita semua tanggap dan paham dalam menghadapi bencana,” ungkapnya.

Untuk pelatihan yang diberikan meliputi Water Rescue, Vertical Rescue, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), dan Tendanisasi. Pelatihan yang diberikan bekerja sama dengan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kota Depok.  

“Karena bencana alam tidak bisa dihindari, tapi minimal kita bisa mengurangi risiko bencana,” tandasnya. (JD12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?