Kepala Dinkes Kota Depok saat melakukan webinar peringatan hari CTPS sedunia. (Foto: Istimewa)

berita.depok.go.id-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok menggelar webinar peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional. Kegiatan tersebut diikuti oleh perangkat daerah terkait, perwakilan Puskesmas, kecamatan dan kelurahan se-Kota Depok, TP-PKK, serta Ketua Forum Kelompok Kerja Kelurahan Sehat Kota Depok.

Kepala Dinkes Kota Depok, Novarita mengatakan, webinar ini diadakan bersamaan dengan kampanye CTPS. Karena masih pandemi Covid-19, maka kampanye tersebut diintegrasikan dengan pencegahan Coronavirus.

“Peringatan ini kami integrasikan dengan pencegahan Covid-19 melalui promosi 3M. Yaitu menjaga jarak, menggunakan masker, dan praktik cuci tangan pakai sabun dan akses hemat air serta sanitasi,” jelasnya saat memberikan arahan pada webinar peringatan Hari CTPS Sedunia dan Hari Kesehatan Nasional, Senin (09/11/20).

Novarita menuturkan, tujuan dilakukannya kampanye CTPS di antaranya berbagi pengalaman kegiatan promosi cuci tangan dengan berbagai pemangku kepentingan di Kota Depok. Selain itu juga meningkatkan pemahaman masyarakat tentang cuci tangan pakai sabun. Serta pentingnya penggunaan sabun terutama saat pandemi Covid-19.

Kemudian, sambungnya, kampanye CTPS dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat secara bertahap melakukan praktik cuci tangan dengan benar. Lalu, kampanye juga dimaksud untuk mempromosikan praktik cuci tangan setidaknya pada enam waktu kritis.

“CTPS juga dilakukan untuk berpartisipasi dalam kampanye cuci tangan global khususnya di Kota Depok sebagai bentuk pencegahan Covid-19,” tambahnya.

Novarita berharap, melalui kegiatan yang dilakukan ini dapat meningkatkan praktik cuci tangan menggunakan sabun di masyarakat. Selain itu, memperkuat dukungan dari masyarakat dalam melakukan perilaku bersih dalam sehari-hari. (JD 02/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?