PTM Seru Bersama Komunitas Rimbun di Kampung Kekupu, Kelurahan Rangkapan Jaya.  Foto : (Istimewa).

berita.depok.go.id - Puluhan anak sekitar Kampung Kekupu, Kelurahan Rangkapan Jaya Kecamatan Pancoran Mas mengikuti pembelajaran tatap muka ( PTM ) seru bersama Komunitas Ruang Ilmu Bertumbuh Mandiri ( Rimbun ). Selain membangun literasi alam, anak-anak juga diajak untuk berkreasi dan mengeksplorasi alam di sekitar lokasi tersebut.

Ketua Komunitas Rimbun, Zubair mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan pasca Kota Depok menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level dua dan anak-anak mulai mengikuti PTM terbatas di Sekolah. Dilaksanakan pada pekan kedua dan keempat setiap bulan.

"Alhamdulillah, kegiatan PTM Seru Rimbun pertemuan kedua di hari Minggu 31 Oktober kemarin, berjalan lancar," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (08/11/21)

Dijelaskan Zubair, seperti biasa kegiatan PTM Seru Rimbun ini selalu diawali dengan pembekalan nilai-nilai keislaman. Seperti memulai dengan berwudhu terlebih dahulu, mengulang hafalan Alquran. Serta mempelajari arti iman dan Islam sebagai anak-anak saleh dan salehah Indonesia.

Setelah pembekalan keislaman, sambung dia, kegiatan dilanjutkan dengan memaknai arti pentingnya menjaga kebersihan dengan kegiatan mengambil sampah plastik di sepanjang jalan H Maing, Kampung Kekupu. Selepas aksi memungut sampah, anak-anak juga belajar tentang reduce, reuse & recycle (3R) bersama bunda-bunda komunitas Rumah Keluarga Indonesia (RKI).

"Anak-anak diajarkan mulai dari pemilahan hingga menjadikan sampah bernilai ekonomis," ujarnya.

Dalam kegiatan ini juga semakin menarik dengan hadirnya mobil perpustakaan keliling (pusling) Kota Depok yang menambah semangat belajar anak-anak. Ini merupakan bentuk dukungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan dalam meningkatkan literasi anak-anak di Kota Depok.

Kegiatan tersebut pun ditutup dengan mengunjungi Kebun Nara Kupu Village yang berada di Kampung Kekupu tempat anak-anak tinggal. Di sana mereka dikenalkan ragam sayuran dan aneka satwa yang ada, seperti rusa, angsa, kura, ikan dan lainnya.

"Terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini. Semoga di kegiatan PTM Seru Rimbun berikutnya dapat berjalan kembali dan membawa pengetahuan lebih banyak untuk anak-anak Kampung Kekupu. Kita wujudkan generasi yang lebih baik dengan menghadirkan ruang tumbuh kembang anak di Kota Depok," pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?