DKUM Kota Depok menggelar kegiatan Forum Renja Perangkat Daerah Tahun 2021 secara tatap muka dan virtual di Gedung Balatkop, Sukmajaya, Rabu (17/02/21). (Istimewa)

berita.depok.go.id - Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok mencanangkan tujuh program dan delapan kegiatan dalam Forum Rencana Kerja (Renja) Perangkat Daerah Tahun 2021 untuk dilaksanakan di 2022. Salah satunya adalah layanan unggulan DKUM. 

Kepala DKUM Kota Depok, Mohammad Fitriawan menjelaskan, terdapat empat layanan unggulan yang dicanangkan. Pertama, jaringan usaha koperasi di bidang perdagangan. Prinsip layanan ini adalah kolaborasi antarkoperasi, yaitu koperasi besar dapat membantu koperasi yang lebih kecil untuk mengembangkan usahanya.

"Lalu yang kedua ada layanan klinik bisnis. Layanan ini sebagai media untuk mendampingin maupun merancang usaha pelaku UMKM di Kota Depok," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (18/02/21).

Kemudian yang ketiga ada layanan toko online. Dikatakannya, pada era digital seperti saat ini, para pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan media online untuk memasarkan produknya.

Lanjutnya, terakhir adalah pusat data UMKM. Selain berfungsi untuk database,  juga diharapkan sebagai bahan evaluasi terhadap perkembangan usaha dari masing-masing pelaku UMKM. 

"Dengan pusat data ini diharapkan dapat diketahui perkembangan kondisi UMKM secara aktual," pungkasnya. (JD 10/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?