berita.depok.go.id-Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok kembali menyapa masyarakat dengan menggelar kegiatan Dukcapil Menyapa Masyarakat (Demen Masyarakat), secara virtual melalui Zoom, Jumat (18/06/21). Kali ini peserta berasal dari Wilayah Bojongsari, Sawangan, Limo, dan Cinere. 

Kepala Disdukcapil Kota Depok, Nuraeni Widiyatti mengatakan, pihaknya rutin mengadakan kegiatan tersebut untuk mensosialisasikan program-program di dinasnya. Setiap sesi akan membahas kebijakan terbaru maupun persoalan administrasi kependudukan.  

“Sebelumnya kami sudah melakukan kegiatan ini dengan nama Dukcapil Depok Menyapa Masyarakat (DDMM). Sekarang berganti menjadi Demen Masyarakat dan bakal menjadi agenda rutin Disdukcapil," katanya usai kegiatan.

Dikatakannya, Demen Masyarakat akan mensosialisasikan tata cara layanan Disdukcapil melalui Whatsapp, tidak ada pungutan liar (pungli), dan sebagainya. Kemudian pihaknya akan melakukan diskusi dengan para peserta.

“Mekanisme pelayanan kami menggunakan layanan Si Londo Berbasis Whatsapp. Kemudian juga bisa menggunakan aplikasi Depok Single Window (DSW). Yaitu aplikasi semua pelayanan publik milik Pemerintah Kota (Pemkot) Depok,” jelasnya.

Nuraeni berharap, dengan adanya sistem layanan online bisa membantu masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukan. Karena melalui layanan online, sambungnya, pelayanan bisa lebih mudah, dan terhindar dari pungli atau calo.

Sementara itu, salah satu peserta, Firmansyah, Ketua RW 09 Kelurahan Sawangan menyambut baik kegiatan diskusi daring tersebut. Sebab, ujarnya, urusan dokumen kependudukan merupakan kebutuhan vital bagi masyarakat.

“Sangat bagus, informatif sekali dan membantu kesimpangsiuran informasi, sehingga ke depan kami lebih mudah mendapatkan pelayanan,” tutupnya. (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?