Eni Prihatini, Kepala Seksi Pembinaan PAUD pada Disdik Kota Depok saat membuka acara Bimtek Guru PAUD di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Kamis (23/06/22). (Foto: Diskominfo)

berita.depok.go.id- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Berlangsung selama dua hari yaitu 23-24 Juni, kegiatan tersebut dalam rangka penguatan, pencegahan dan penurunan stunting melalui peran PAUD serta implementasi kurikulum merdeka belajar.

"Stunting dihubungkan dengan kurikulum merdeka belajar, kalau di dunia PAUD semua itu saling berkaitkan, nyambung.  Karena PAUD adalah pendidik yang pertama sebelum jenjang pendidikan yang lain, namun tetap pendidikan yang utama adalah di keluarga," ujar Eni Prihatini, Kepala Seksi Pembinaan PAUD, Disdik Kota Depok, kepada berita.depok.go.id,  di Aula Lantai 10, Gedung Dibaleka II, Kamis (23/06/22).

Menurutnya, kurikulum merdeka belajar merupakan kurikulum pemulihan. Yaitu pemulihan dari masa pandemi Covid-19, dimana pada dunia pendidikan mengalami learning loss atau hilangnya pengetahuan dan keterampilan secara akademis.

"Termasuk sekarang ini kita sedang gencar-gencarnya penurunan stunting. Jadi, yang disehatkan bukan hanya akal dan pikirannya, namun juga gizi dan pertumbuhan anak didik kita," ungkapnya.

Oleh karenanya, imbuhnya, lembaga PAUD harus dioptimalkan perannya. Selama ini, imbuhnya, konsentrasi pada pembelajaran di kelas saja, sekarang perlu optimalisasi dengan meningkatkan sinergi bersama.

"Dengan Posyandu, kemudian dengan lintas sektoral yang lain dalam rangka mewujudkan Holistik Integratif (HI)," tandasnya. (JD 12/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?