Pelaksanaan Wisuda Imunisasi di Kelurahan PGS. (Foto: Istimewa)

beritadepok.go.id-Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pasir Gunung Selatan (PGS) melaksanakan wisuda imunisasi. Sebanyak 42 anak di bawah lima tahun (balita) se-Kelurahan PGS yang telah melengkapi imunisasi dasar, diberi medali, sertifikat, dan bingkisan.

“Alhamdulillah, 42 anak sudah melengkapi imunisasi dasar. Mudah-mudahan ke depan jumlahnya terus meningkat,” ujar Kepala UPTD Puskesmas PGS, Sulaeman Iskandar, kepada berita.depok.go.id, Kamis (13/02/20).

Dikatakannya, imunisasi dasar terdiri dari beberapa jenis vaksin. Di antaranya, Hepatitis B, Bacillus Calmette-Guérin (BCG), Polio (bOPV) 1, DPT-HB-Hib 1, Polio (bOPV) 2, DPT-HB-Hib 2, Polio (bOPV) 3, DPT-HB-Hib 3, Polio 4, Inactivated Polio Vaccine (IPV), Measles and Rubella (MR), DPT-HB-Hib 4, dan MR lanjutan.

Sulaeman menambahkan, imunisasi dapat diperoleh melalui Posyandu. Selain itu juga dapat langsung mengunjungi puskesmas, karena tersedia layanan imunisasi kepada anak.

“Kalau mau imunisasi bisa di Posyandu karena ada petugas kesehatan Puskesmas, atau bisa langsung datang ke Puskesmas,” tambahnya.

Sementara itu, Lurah PGS, Supriyatun menjelaskan, pemberian sertifikat tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada orangtua. Jumlah tersebut hanya simbolis saja, selanjutnya akan diberikan juga kepada 800 anak yang ada di Kelurahan PGS.

“Akan diberikan kepada seluruh anak yang sudah melengkapi imunisasi dasar. Kami ingatkan kepada seluruh masyarakat untuk melengkapi imunisasi dasar pada anak agar tetap sehat dan tidak mudah terjangkit penyakit,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD 02)

YOUR REACTION?