Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, Eneng Sugiarti (kanan) saat memberikan modul pelatihan kepada para lansia. (Foto: Janet/diskominfo)

berita.depok.go.id-  Sebanyak 20 warga Lanjut Usia (Lansia) dibekali pelatihan kerajinan tangan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. Pelatihan tersebut diadakan selama tiga hari yaitu mulai tanggal 12-14 Februari 2020.


Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, Eneng  Sugiarti mengatakan  pelatihan untuk lansia merupakan kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun. Dengan tujuan meningkatkan produktivitas lansia di usai senja.

“Kami memilih jenis pelatihan yang sesuai dengan mereka yaitu pelatihan yang produktif berskala ringan, tidak telalu berat. Seperti, cara pembuatan tudung saji, hiasan toples dan bros,” ujarnya kepada  berita.depok.go.id, usai membuka pelatihan tersebut di Lembaga Kursus dan Pelatihan   Putri Ayu , Sukmajaya, Rabu (12//2/2020). 

  Dirinya menambahkan, dalam pelatihan tersebut, para lansia difasilitasi perlengkapan latihan, konsumsi, dan sertifikat. Setelah pelatihan, mereka juga akan tetap dipantau agar keahlian yang diperoleh dapat diterapkan.

“Kami ingin setelah dari pelatihan ini, mereka memiliki aktivitas yang produktif sehingga bisa tetap sehat, baik fisik maupun psikologisnya,” terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Siti Nurjanah (69), Warga RW 10, Kelurahan Mekarjaya, Kecamatan Sukmajaya mengungkapkan, kegiatan yang diberikan sangat bermanfaat. Sebab, pelatihan ini membuat dirinya menjadi lebih produktif.

“Ini bisa bernilai ekonomi, bisa juga bernilai edukasi. Saya bisa mengajarkan kembali kepada teman-teman yang lain dari materi yang diberikan. Kebetulan saya aktif juga di TP PKK,” ucapnya. (JD 03/ED 01/EUD 02)

 

YOUR REACTION?