Foto: JD 05/Diskominfo

Lurah Pancoran Mas, Suganda memperlihatkan puluhan pot berisi tanaman obat keluarga yang ada di pekarangan Kantor Kelurahan Pancoran Mas, belum lama ini.

berita.depok.go.id -  Lahan kosong yang ada di Kantor Kelurahan Pancoran Mas (Panmas) akan diubah menjadi kebun Tanaman Obat Keluarga (Toga). Terobosan ini dilakukan guna mendukung pengembangan potensi hasil produk olahan dari pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Depok.

Lurah Pancoran Mas, Suganda mengatakan, terdapat lahan seluas 200 meter di belakang kantornya yang akan ditanami bibit Toga. Seperti, kunyit, lengkuas, temulawak, jahe, sereh, dan lain-lain.

"Rencana ini supaya memudahkan pelaku usaha yang mengembangkan minuman kesehatan berkhasiat, agar tidak kesulitan mencari rempah-rempah untuk olahan produknya," katanya kepada berita.depok.go.id, Kamis (03/12/20).

Dijelaskannya, mulai dari proses penanaman bibit tanaman hingga perawatannya nanti di diserahkan kepada pelaku UMKM yang bergerak di sektor olahan rempah-rempah. Hasilnya pun akan dimanfaatkan oleh mereka.

Suganda menilai, produk minuman dari rempah-rempah kini sangat potensial dan diminati banyak orang. Pasalnya, banyak khasiat yang terkandung dalam minuman tersebut, salah satunya meningkatkan imunitas tubuh.

"Kami akan mendorong seluruh produk olahan dari UMKM Panmas untuk bersaing dengan produk lainnya, dan menjadi unggulan di Kota Depok," tandasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?