berita.depok.go.id-Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Kota Depok sudah bisa melaksanakan pemeriksaan  Swab Polymerase Chain Reaction (PCR) dengan metode  Real Time-Polymerase (RT-PCR). Sebab izin resmi telah dikeluarkan oleh Badan Penelitian Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan RI tertuang dalam Surat Balitbangkes Nomor SR.01.07/II/2087/2020 Tanggal 3 Juni 2020.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita mengatakan, pemeriksaan PCR Covid-19 di UPT Labkesda tidak dipungut biaya atau gratis. Tentunya dengan menyertakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kota Depok.

“Warga Depok bisa ikut pemeriksaan ini secara gratis dengan melakukan pendaftaran di Puskesmas setempat dengan KTP,” katanya kepada  berita.depok.go.id, Senin (15/06/20).

Novarita menuturkan, pemeriksaan PCR Covid-19 ini diprioritaskan bagi warga yang memiliki indikasi yang ditetapkan pemerintah daerah melalui Dinkes Kota Depok. Di antaranya berkriteria Pasien Dalam Pengawasan (PDP), Orang Dalam Pemantauan (ODP), dan Orang Tanpa Gejala (OTG).

“Pemeriksaan ini dikhususnya bagi yang rapid tes positif. Tenaga kesehatan yang berkontak dengan kasus konfirmasi atau kontak serumah dengan kasus konfirmasi,” tuturnya.

Novarita menambahkan, pemeriksaan PCR Covid-19 gratis ini sudah mulai sejak hari ini. Selain melalui Puskesmas setempat, warga juga dapat menghubungi telepon di 021-22920279. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?