Pameran Produk UMKM oleh para KPM PKH Kota Depok. 

berita.depok.go.id - Keluarga Penerima Manfaat (KPM) peserta Program Keluarga Harapan (PKH)  di Kota Depok kini semakin berdaya. Berdasarkan data yang ada, dari 27.955 KPM, sebanyak 212 di antaranya telah  berhasil mandiri dengan memiliki usaha sendiri.

“Mereka yang sudah mandiri ini, memiliki  berbagai produk unggulan. Seperti  baju koko, sandal kulit, susu kedelai, aneka keripik, empek-empek, kentang kriuk, brownies lumer, cireng, pisang cokelat, terasi bawang, souvenir dan masih banyak lagi,” tutur Supervisor PKH Kota Depok, Enny kepada  berita.depok.go.id, baru-baru ini.

Erna mengatakan, KPM PKH terus didorong agar tidak bergantung  terhadap bantuan-bantuan sosial dari pemerintah. Salah satunya dengan berjualan atau membuat produk yang dapat meningkatkan ekonomi keluarga.

“Setelah mereka memiliki usaha, kami bersama Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok memberikan wadah untuk promosi dan menjajakan produk mereka di setiap kegiatan yang diadakan. Baik oleh Pemkot Depok, intansi vertikal maupun swasta,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, KPM PKH juga telah diberikan banyak pelatihan usaha oleh dinas terkait.  Antara lain Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin), dan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok. 

 “Dengan fasilitasi ini diharapkan bisa menciptakan KPM PKH yang siap Graduasi Mandiri Sejahtera,” tandasnya. (JD 03/ED 01/EUD 02) 

YOUR REACTION?