Bunda Elly Farida saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pasien dengan penyakit kanker, HIV/AIDS, thalassemia, dan autoimun lainnya. (Foto: JD04/Diskominfo)

berita.depok.go.id - Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Kota Depok, Elly Farida mengatakan, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk pasien kanker, HIV/AIDS, thalassemia dan autoimun lainnya yang digelar Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama Rumah Sakit Hermina Kota Depok patut diacungi jempol. Pasalnya, vaksinasi berperan penting untuk bisa menciptakan kekebalan kelompok atau herd immunity.

"Ini menjadi gerakan kemanusiaan yang semua instansi harus terlibat bukan saja pemerintah tapi juga swasta agar penanganan Covid-19 bisa dilakukan secara bersama agar target sasaran vaksinasi segera tercapai," kata perempuan yang kerap disapa Bunda Elly kepada berita.depok.go.id saat meninjau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di RS Hermina Depok, Jumat (15/10/21).

Dikatakan Bunda Elly, tidak ada yang harus ditakutkan dari pemberian vaksinasi ini. Semua masyarakat termasuk pasien yang memiliki penyakit penyerta seperti kanker bisa mendapatkan vaksinasi, karena menjadi bentuk kebersamaan dalam memerangi Covid-19.

Adapun dalam pelaksanaan vaksinasi, lanjut Bunda Elly, keterlibatan Dinkes Kota Depok sebagai penyediaan vaksin Covid-19. Wali Kota Depok, Mohammad Idris juga sangat mendukung kesuksesan pelaksanaan vaksinasi bagi pasien dengan penyakit seperti kanker, HIV ini.

“Maka peluang mendapatkan vaksinasi harus diikuti bagi pasien-pasien tersebut. Karena ada pendampingan dan pengawasan khusus demi meningkatkan imunitas tubuh mereka,” tambah Bunda Elly.

Sementara itu, Direktur RS Hermina Depok, Lies Nugrohowati menjelaskan, vaksinasi massal ini diselenggarakan selama dua hari, mulai 15-16 Oktober 2021. Adapun pada pelaksanaannya melayani pasien dari dalam maupun luar Kota Depok.

“Pasien dengan kondisi khusus yang akan mengikuti vaksinasi diingatkan untuk melakukan pendaftaran pada https://bit.ly/daftarvaksinherminadepok,” pungkasnya. (JD02/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?