Kepala Diskominfo Kota Depok, Manto saat mengikuti Kongko Pembangunan bidang Sosial dan Pemerintahan, belum lama ini. (Foto: JD 01/Diskominfo).

berita.depok.go.id - Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty menyebut, program Kolaborasi Bareng Komunitas atau Kongko Pembangunan dapat menjadi role model (percontohan) bagi perangkat daerah (PD) lain dalam melakukan diskusi bersama stakeholder. Selain suasananya nyaman dan hangat, diskusi dua arah pun terjalin tanpa ada batasan antara pemerintah dan masyarakat.

"Tidak hanya sebatas ngobrol santai tapi tujuan dari pembahasan tercapai, mungkin bisa diterapkan Kongko atau diskusi di Musrenbang mendatang tidak lagi kaku tapi santai," ujarnya kepada berita.depok.go.id, Jumat (31/12/21).

Senada dengan Citra, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Manto turut mengapresiasi inovasi program yang dibuat oleh Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana tersebut. Menurutnya, Kongko Pembangunan mampu mendekatkan komunikasi antara pemerintah dan unsur tujuh aktor (heptahelix) pembangunan.

"Saya harap melalui Kongko Pembangunan ini dapat menjaring berbagai aspirasi masyarakat yang objektif dan tepat sasaran dalam perencanaan pembangunan mendatang," ucapnya.

Kepala Bappeda Kota Depok, Dadang Wihana menambahkan, Kongko Pembangunan juga bagian dari Kick Off Meeting Perencanaan Pembangunan 2023 yang sebelumnya telah digelar. Dikatakannya, untuk melakukan pembangunan di Kota Depok perlu partisipasi dan kolaborasi bersama semua elemen

"Hasil diskusi ini akan kami formulasikan guna menguatkan isu tematik pembangunan di tahun 2023, dengan tema peningkatan infrastruktur dasar perkotaaan dan pemulihan ekonomi," pungkasnya. (JD 05/ED 01/EUD02)

YOUR REACTION?