Lurah Sukatani, Cahyanto (paling kiri) berserta Ketua PKK, Ery Jumiati, saat memperkenalkan prodak UMKM dari PKK Sukatani, di Kantor PKK Sukatani, Selasa, (21/01/20). Foto : (Diskominfo).

berita.depok.go.id-Demi melatih kemandirian kader, Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kelurahan Sukatani, Ery Jumiati menciptakan dua produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bernilai ekonomi. Dua produk yang dimaksud adalah sabun cuci piring dan pengharum pakaian. 

"Untuk sabun cuci piring harganya Rp 5 ribu dan pengharum pakaian Rp 10 ribu," tutur Ery di Kantor TP PKK Kelurahan Sukatani, Selasa (21/01/20).

Ery mengatakan, produk tersebut dipilih karena tahan lama dan bahan baku yang mudah didapatkan. Selain itu, pihaknya juga dibantu oleh posyandu dalam memasarkan produk UMKM tersebut.

"Bahan bakunya masih bisa kami dapatkan di Sukatani. Untuk pemasaran dibantu oleh posyandu saat mereka memberikan pelayanan. Produk kami juga disediakan tempat. Jika masyarakat ada yang ingin beli bisa langsung di sana," jelasnya.

Di tempat yang sama, Lurah Sukatani, Cahyanto, menyatakan, sudah ada satu usaha katering warga yang menggunakan produk tersebut. Kemudian, keuntungan dari hasil penjualan akan digunakan untuk kegiatan PKK kembali. 

"Kedepannya kami akan mencoba menambah jenis produknya, seperti detergen cair dan pembersih lantai. Diharapkan dengan program ini kader PKK kami lebih mandiri. Serta mempunyai dana tambahan untuk kegiatan kemasyarakatan," pungkasnya. (JD 09/ ED 02/EUD 02)

YOUR REACTION?