Ketua DWP Kota Depok, Siti Barkah bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri berserta anak-anak. (Foto : Istimewa)

berita.depok.go.id - Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Depok, Siti Barkah Supian Suri mengajak masyarakat untuk mengoptimalkan delapan fungsi keluarga pada momen Hari Keluarga Nasional yang diperingati setiap 29 Juni setiap tahun. Pasalnya, keluarga merupakan unit terkecil dalam masyarakat dan memiliki peran yang sangat besar.

Perempuan yang kerap disapa Cing Ikah ini mengatakan, optimalisasi yang harus dilakukan antara lain, pada fungsi agama, sosial budaya, cinta kasih dan melindungi. Lalu, fungsi reproduksi, pendidikan, ekonomi dan fungsi pembinaan lingkungan.

"Keluarga harus menjadi tempat semua nilai-nilai tersebut. Karena keluarga juga menjadi tempat pertama kali anak bersosialisasi dengan baik dengan orang tua dan saudaranya," tutur Cing Ikah kepada berita.depok.go.id, Rabu (29/06/22).

Dikatakannya, dengan mengoptimalkan semua fungsi itu, keluarga akan menjadi sekolah pertama dalam menyiapkan generasi yg akan datang.

Hal ini sesuai dengan Alquran Surat At Tahrim Ayat 4. Yang artinya, Wahai orang-orang yang beriman! Peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, dan keras, yang tidak durhaka kepada Allah terhadap apa yang Dia perintahkan kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.

Cing Ikah menambahkan, terdapat sejumlah upaya yang sudah dilakukan oleh DWP Kota Depok dalam menjaga fungsi keluarga. Di antaranya, dengan dengan program Sekolah Pranikah untuk anak Aparatur Sipil Negara (ASN) bekerja sama dengan dinas terkait. Selain juga memberikan bimbingan perkawinan kepada calon pengantin agar menjadi keluarga yang berkualitas.

Ia berharap, dengan sejumlah program tersebut pasangan pengantin mempunyai bekal yang cukup dalam membina rumah tangga yang berketahanan keluarga. Dengan bekal tersebut juga diharapkan mereka memahami dan dapat mencegah kasus stunting baru di Kota Depok

"Ayo cegah stunting agar keluarga bebas stunting," tandasnya. (JD09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?