Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Elly Farida mengunjungi salah satu stand batik tulis khas Depok pada kegiatan pameran dan bazar batik khas Depok yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok di Atrium Cafe Lobby Utama Cibubur Junction Rabu (30/03/22). (Foto : JD03)

berita.depok.go.id - Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Depok Elly Farida, hari ini menghadiri pameran dan bazar batik khas Depok yang digelar Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok di Atrium Cafe Lobby Utama Cibubur Junction Rabu (30/03/22). Pada kesempatan tersebut, Bunda Elly, sapaannya, memuji upaya Disporyata yang terus memperkenalkan batik kepada khalayak luas. 

“Ini bagus sekali ya Perangkat Daerah (PD) sudah mulai merapat bersama-sama mengangkat kerajinan khas Depok untuk semakin diperkenalkan. Bersama kami di Dekranasda berkolaborasi membuat batik Depok eksis terus dengan corak-corak terbarunya,” kata Bunda Elly kepada berita.depok.go.id, di sela menghadiri pameran.

Dikatakannya, kegiatan yang digagas Disporyata Depok juga dikemas cukup baik. Terdapat stand berjualan para pengrajin batik, desainer batik serta stand kerajinan tangan asal Depok. 

“Kolaborasi bagus sekali karena Disporyata adalah promotor sebenarnya dari kerajinan Depok. Jika saya sendiri kan hanya sebatas promosi saja, sekarang lebih bagus karena PD turut merapat biasanya ada Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok dari sisi pelatihan,” jelasnya. 

Bunda Elly menuturkan, produk kerajinan khas Depok seperti batik kian hari semakin baik dari segi kualitas dan corak. Hal itu membuktikan para pengrajin semakin berinovasi dalam mengembangkannya. 

“Tadi ada peragaan busana juga sangat eye catching dipadupadankan dengan kebaya. Motifnya ada Belimbing dan Gong Si Bolong sangat bagus,” ungkapnya. 

Bunda Elly pun mengaku tahu betul perkembangan batik khas Depok. Dengan kegiatan seperti ini juga dapat menggiatkan ekonomi para pengrajin, terlebih di momen mendekati Ramadan. 

“Saya ingin pengrajin semakin semangat membuat batik, dengan begitu para desainer juga bisa melihat peluang itu untuk membuat pakaian dari batik Depok,” tambahnya.

Ia menambahkan, Pemerintah Kota telah turut melestarikan batik Depok dengan penetapan pemakaian batik di hari tertentu oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN)-nya. Oleh karenanya, Bunda Elly mengajak warga Depok untuk tahu dan mengenakan batik Depok. 

“Jangan ngaku orang Depok kalau tidak pakai produk Depok. Batik khas Depok ini bukan sekadar batik, tapi memiliki nilai khasanah sejarah yang memiliki kisah. Batik Depok ada di Dekranasda dan juga pengrajin yang ada di Kota Depok,” tutupnya.  (JD03/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?