Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Sosial Pada Sekretariat Daerah, Sri Utomo (kedua dari kanan) dan Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kakan Kesbangpol), Hakim Siregar saat sosialisasi Pilkada melalui Zoom.

berita.depok.go.id-Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 melalui aplikasi Zoom bagi camat, lurah dan seluruh perwakilan RW. Sosialisasi secara virtual ini guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang tahapan, program dan jadwal Pilkada 2020.

"Kami sosialisasikan Pilkada tahun ini agar masyarakat memahami hak, kewajiban serta tanggung jawabnya sebagai warga negara demi terwujudnya sistem politik yang demokratis," tutur Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Hakim Siregar kepada  berita.depok.go.id, Kamis, (16/07/20).

Dikatakannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok sebagai penyelenggara Pemilu telah menyiapkan mekanisme Pilkada di masa pandemi Covid-19. Penyelenggaraan Pilkada akan dibagi dalam beberapa tahapan. Yaitu pra-Pilkada, saat Pilkada dan pasca Pilkada.

"KPU Kota Depok telah membentuk Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP). Kemudian, mereka juga sudah menyiapkan tata cara pemungutan suara dan rekapitulasi penghitungan dengan menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB)," jelasnya.

Dirinya menambahakan, selain KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga mempunyai peran strategis dalam penyelenggaraan Pilkada. Menurutnya, peran mereka sebagai pengawas seluruh tahapan Pilkada.

Drinya pun mengimbau kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan di masa pandemi. Dengan begitu, pada saat Pilkada tanggal 9 Desember mendatang kondisi Kota Depok semakin membaik. 

"Semoga penyelenggaraan Pilkada tahun ini dapat berjalan lancar. Kodisi Kota Depok juga dapat semakin membaik," tandasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?