Kepala UPTD Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan saat mengikuti Musyawarah Nasional 1 Asosiasi Puskesmas se-Indonesia (Apkesmi) secara virtual. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Tapos, Trisna Setiawan terpilih menjadi Ketua Asosiasi Puskesmas se-Indonesia (Apkesmi) periode 2021-2024. Pemilihan dilakukan pada Musyawarah Nasional (Munas) 1 Apkesmi yang dilaksanakan pada akhir tahun kemarin.

“Proses Munas berjalan secara musyawarah untuk mufakat. Namun hal tersebut tidak tercapai, sehingga dilakukan pemungutan suara dan saya terpilih sebagai Ketua Umum Apkesmi,” tutur Trisna Setiawan kepada berita.depok.go.id, Senin (04/01/21).

Dia menjelaskan, pada kepengurusan kali ini pihaknya mempunyai program kerja yang akan dikembangkan. Meliputi, bidang organisasi dan hukum, bidang pengembangan program kesehatan, bidang anggaran dan pembiayaan kesehatan.

Kemudian, ada pula program kerja di bidang pengembangan sumber daya kesehatan, bidang penelitian dan inovasi. Serta bidang sosial kemasyarakatan dan kerja sama antar lembaga.

“Namun dalam jangka pendek ini, Apkesmi yang di dalamnya ada sekitar 10.116 puskesmas akan menyesuaikan dengan program Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Yaitu menjadi garda utama dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dan garda terdepan dalam mengatasi pandemi," terangnya.

Trisna berharap, semua puskesmas yang ada di Indonesia bisa bangkit dalam memberikan pelayanan ke masyarakat. Tentu dengan mengedapankan mutu pelayanan kesehatan yang prima. 

“Puskesmas harus bisa menjadi garda terdepan dalam pelayanan kesehatan, hingga mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pungkasnya. (JD 09/ED 02/EUD02)

YOUR REACTION?