Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerija Aurijah. (Istimewa)

berita.depok.go.id-Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok, Siti Chaerijah Aurijah mendorong para orang tua untuk belajar melakukan aktivitas mendongeng ke anak. Sebab, melalui dongeng mereka dapat meningkatkan minat dan gemar membaca.

Menurut Siti, mendongeng adalah kebiasaan orang tua sejak zaman dulu yang perlu dipertahankan. Bahkan, ke depan perlu disesuaikan dengan perkembangan zaman yang lebih maju berbasis Teknologi Informasi (TI).

"Ketika anak tertarik dengan dongeng, maka dia akan berusaha mencari sumber bahan bacaan. Atau mereka bisa termotivasi untuk membuat dongeng atau cerita sendiri," tuturnya kepada berita.depok.go.id, Senin (22/03/21).

Siti menjelaskan, tentu hal itu berpengaruh positif terhadap perkembangan perilaku anak. Dengan demikian, dongeng bisa menjadi sarana pendidikan karakter anak.

"Untuk itu, kita perlu mendukung kegiatan satu rumah satu pendongeng yang digagas oleh Pustakawan Diskarpus dan berkolaborasi dengan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI)," jelasnya.

Ia berharap, dengan adanya pendongeng di setiap rumah bisa saling membimbing dan mengedukasi. Agar anak memiliki karakter yang kuat dalam kehidupan sehari-hari.

"Semoga pendongeng bisa berkontribusi untuk pendidikan karakter. Serta berperan dalam pendidikan keluarga. Yang berimbas kepada peningkatan minat dan gemar membaca, dan akan terbentuk budaya membaca di keluarga," pungkasnya. (JD 09/ED02/EUD02)

YOUR REACTION?